Senin, 16 Januari 2017

Memilih Jurusan Kuliah


Memilih jurusan kuliah menurut saya bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kehati-hatian dalam memilih jurusan, dikarenakan hal tersebut menentukan apa-apa yang akan dipelajari kelak. Jika kita merasa salah memilih jurusan maka saat menjalaninya pun akan terasa berat dan sangat tidak nyaman. 

Jurusan bukan menentukan masa depan kita, sebuah kalimat yang pernah saya dapatkan menyebutkan bahwa saat kita di dunia kerja, kita hanya memakai kurang lebih 30% ilmu yang di pelajari saat kuliah, sisanya softsklill yang di dapatkan melalui kegiatan di luar kuliah, seperti berorganisasi atau lewat hobi. Jangan takut untuk memilih jurusan saat akan kuliah, pilihlah menurut yang kalian sukai dan pastikan jika jurusan yang kalian pilih "sesuai dengan kemampuan kalian". Maksud dari kata-kata tersebut adalah jika nilai kalian dirasa pantas untuk jurusan teknik elektro, ya kalian jangan pilih jurusan yang mempunyai level diatasnya, maka kemungkinan lolos akan kecil.

Memilih jurusan kuliah baiknya dilakukan pada semester 1 saat menginjak kelas 3 SMA, diharapkan nantinya pada semester ke 2 kalian sudah tidak galau memilih jurusan yang mana. Pilihlah jurusan yang kalian sukai berdasarkan kemampuan kalian (disini maksud dari kemampuan kalian adalah nilai akademik).

Cerita pengalaman saya. Saya awalnya suka pada teknik elektro dikarenakan hobi saya gak jauh-jauh dari ngotak-atik komputer, mulai dari hardware dan segala macam software. Namun, dilihat dari nilai akademik saya, saya merasa itu tidak pantas buat saya dan saya merasa hal itu terlalu tinggi bagi saya. Karena itu, saya memutuskan untuk mengarahkan hal yang saya sukai selain elektro yaitu tentang pertanian. Dikarenakan dulunya saya menginginkan fakultas teknik, maka jurusan selanjutnya yang saya pilih yaitu teknik pertanian (disini saya sudah memiliki 2 opsi jurusan, teknik elektro dan teknik pertanian). Karena pada saat seleksi masuk PTN kita diberikan kesempatan untuk memilih 3 jurusan yang diminati maka saya kurang 1 dalam memilih jurusan tersebut (sebaiknya di manfaatkan semua opsi dikarenakan sayang jika hanya memilih 2 opsi saja). Dan, akhirnya saya memutuskan untuk memilih yang tidak jauh dari elektro yaitu teknologi jaringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar