Kamis, 19 Januari 2017

Kehidupan Kampus


Banyak orang yang beranggapan bahwa kehidupan di kampus itu menyenangkan, nyaman, mempunyai banyak waktu luang, bisa dibarengi buat main, kerja part time, dan lain sebagainya. Kehidupan kampus menurut saya sendiri itu lebih ke bebas, arti bebas menurut KBBI adalah lepas sama sekali (tidak terhalang, terganggu, dan sebagainya sehingga dapat bergerak, berbicara, berbuat, dan sebagainya dengan leluasa). Dalam kehidupan yang bebas, teman sangat memiliki pengaruh terhadap aktivitas yang akan dilakukan. Jika kalian memilih sibuk dalam organisasi, berarti teman kalian tidak jauh dari organisasi tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika kalian memilih sibuk nge-trip berarti teman kalian adalah teman main. Sangat penting dalam memilih teman untuk pergaulan, oleh karena itu diperlukan kehati-hatian. 


(flashback awal-awal di jogja)
Saya diterima di kampus biru melalui jalur UTUL (ujian tulis) gelombang pertama. Susah dalam mencari tempat tinggal adalah hal yang kurasakan untuk pertama kalinya. Di hari pertama dalam pencarian tempat tinggal tidak menemukan satupun kost-kostan atau rumah kontrakan yang dirasa nyaman. Ada aja alasan-alasannya, mulai dari jauh, mahal, kurang nyaman, lingkungannya kurang menyakinkan, dan lain-lain. Pencarian tempat tinggal berakhir ketika teman saya sendiri mencari rumah kontrakan secara online di jogja, akhirnya ketemu di dekat kampus biru daerah karanggayam. Setelah dilakukan survei dan dirasa cocok, akhirnya saya dan teman-teman saya menempati rumah tersebut. Tips untuk kalian yang akan mencari tempat tinggal di jogja, baiknya dilakukan sebelum pengumuman SNMPTN karena masih cukup banyak tempat yang tersedia, atau jika tidak, bisa mencari kenalan di jogja, atau pilihan terakhir adalah dengan menggunakan jasa pencari kontrakan (mirip dengan booking hotel traveloka tetapi via offline dan di lakukan survei langsung terhadap pilihan tempat tinggal yang disediakan). Biaya untuk jasa tersebut sekitar 50 ribu dan kita diberi  3 kesempatan untuk memilih pilihan tempat tinggal yang disediakan.

(setelah mencari tempat tinggal)
Tentu rasa khawatir telah berkurang karena sudah didapatkannya tempat tinggal. Jika tempat tinggal sudah didapatkan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengisi tempat tersebut dengan berbagai macam barang. Kami pun mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Mulai mencari tempat makan yang cocok, tempat cuci pakaian, tempat untuk beribadah, dll. 

(kegiatan sehari-hari)

Sehari-hari dilakukan dengan berbagai kegiatan akademik yang berlangsung dari senin sampai dengan jumat. Mulai dari jam 07.15 kelas pertama dimulai hingga berakhir pada jam 12.40 dan dilanjutkan dengan praktikum hingga pukul 17.00. Disela-sela waktu kegiatan akademik kadang juga diisi dengan rapat organisasi, belajar, makan, atau sekedar jari wifi sekalian nongkrong di perpustakaan. Hari sabtu dan minggu adalah hari libur dari kegiatan akademik. Idealnya jika hari libur diisi dengan aktifitas yang menghibur diri, misalnya jalan-jalan. Tetapi mayoritas jika di Fakultas saya (Fakultas Yeknologi Pertanian) sendiri diisi dengan mengerjakan laporan praktikum dan mengerjakan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar